4 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman untuk Digunakan

Sakit gigi pada anak kerap kali terjadi dan membuat anak menjadi rewel dan tidak mau makan. Tidak seperti pada orang dewasa, penanganan sakit gigi pada anak jauh lebih sulit. Pasalnya tidak semua obat aman dan boleh diberikan pada anak. Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut, berikut 4 obat sakit gigi anak yang aman untuk digunakan.

Acetaminophen

Acetaminophen atau lebih dikenal dengan nama paracetamol merupakan obat golongan non-steroid anti inflamasi (NSAID) yang mampu meredakan nyeri gusi, sakit kepala dan demam, yang umumnya sering menyertai sakit gigi. Obat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di warung maupun toko obat tanpa menyertakan resep dokter.

Parasetamol aman untuk diberikan pada anak usia 2 bulan ke atas dengan berat badan minimal 4 kg. Sebelum memberikan obat ini kepada anak, pastikan Anda sudah membaca dan memahami aturan pakai. Umumnya produk parasetamol untuk anak dan orang dewasa berbeda, jadi telitilah saat membeli dan jika perlu tanyakan pada dokter terkait dosis obatnya.

Ibuprofen

Sama halnya dengan parasetamol, ibuprofen juga merupakan golongan NSAID yang mampu meredakan nyeri dan pembengkakan pada gigi. Produk obat yang memiliki kandungan ibuprofen umumnya digunakan sebagai obat pereda demam, yang bisa Anda temukan dengan mudah dan bisa dibeli tanpa menyertakan resep dokter.

Ibuprofen bisa Anda berikan pada anak berusia 3 bulan ke atas dengan berat badan minimal 5 kg. Obat ini memiliki efek yang lebih kuat dibanding parasetamol jadi pastikan Anda menggunakan dosis dengan tepat sesuai aturan pakai. Jangan berikan ibuprofen pada anak yang menderita asma, masalah ginjal dan hati, serta gangguan pembekuan darah.

Naproxen

Jika kedua obat di atas tidak ada, Anda bisa menggunakan naproxen sebagai obat sakit gigi anak. Obat ini masih satu golongan dengan parasetamol dan ibuprofen, yang mampu meredakan nyeri dan pembengkakan. Obat ini aman diberikan pada si kecil selama sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Cataflam Drops

Cataflam merupakan salah satu merek obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak. obat ini memiliki kandungan kalium diclofenac 15 mg/ml. Obat masuk dalam golongan NSAID dan aman digunakan untuk anak  berusia lebih dari 6 tahun. Dosis obat ini adalah 2 mg/kg berat badan dan dikonsumsi setelah makan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika memberi obat, pastikan Anda sudah memahami dosis, aturan pakai, kontraindikasi serta efek samping yang umumnya tertera pada kemasan. Jika anak mengalami reaksi alergi, seperti gatal-gatal, sulit bernafas, mengalami pembengkakan pada wajah, bibit lidah atau tenggorokan, segera hubungi dokter.

Jika anak sedang menjalani terapi obat dari dokter, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan lain. Kemudian jika sakit tak kunjung reda setelah beberapa hari, segera hubungi dokter.

Nah, itulah beberapa obat sakit gigi anak yang aman untuk digunakan. Penggunaan obat-obatan ini sebaiknya dijadikan langkah terakhir, jika memang rasa sakit tak kunjung hilang. Artikel informatif lainnya seputar ibu dan anak bisa Anda lihat di laman parenting.orami.co.id.