4 Perbedaan Jasa Pengiriman Ekspedisi dan Cargo yang Perlu Anda Ketahui

Bisnis e-commerce tidak bisa dilepaskan dari kegiatan logistics and fulfillments. Kegiatan ini mencakup kegiatan pengadaan barang, penyimpanan barang, pemenuhan pesanan, dan pengiriman barang sampai ke konsumen terakhir. Karena itulah, kegiatan ini tidak boleh dilakukan sembarangan demi kepuasan konsumen.

Salah satu kegiatan logistik adalah pengiriman barang kepada konsumen. Untuk bisa mengirimkan barang, Anda perlu menggunakan layanan dari perusahaan logistik. Tahukah Anda, ada dua jenis pengiriman barang yang tersedia saat ini, yaitu pengiriman barang dari jasa ekspedisi dan jasa pengiriman cargo.

Perbedaan Jasa Pengiriman Ekspedisi dan Cargo

Lalu, apa perbedaan dari kedua jenis pengiriman barang ini? Untuk Anda yang belum tahu, berikut ini adalah perbedaan antara pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi dan jasa pengiriman cargo.

1. Jenis dan berat barang yang akan dikirim

Yang pertama dari jenis dan berat barang yang akan dikirim. Jasa ekspedisi menerima barang dengan berat yang relatif ringan. Anda bisa mengirimkan barang dengan bobot kurang 1 Kg, misalnya mengirimkan kaos 1 pcs. Pengiriman barang Anda akan tetap dilayani meskipun jumlahnya sangat sedikit.

Jasa pengiriman cargo menerima barang dalam jumlah yang lebih banyak. Biasanya perusahaan pengiriman cargo ini juga menentukan berat minimal barang yang bisa dikirim, misalnya 10Kg. Karena itulah, jasa pengiriman ini lebih banyak digunakan untuk mengirim barang dalam jumlah besar atau yang berukuran besar, misalnya motor dan lemari.

2. Lama pengiriman

Perbedaan yang kedua terletak dari lamanya waktu pengiriman. Jasa ekspedisi mengirimkan barang dalam waktu yang relatif cepat. Dalam 2-3 hari, barang yang Anda kirim sudah sampai tujuan dan sudah diterima.

Sedangkan untuk jasa pengiriman cargo, proses pengiriman barang bisa membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar 3-15 hari. Transportasi yang digunakan pun disesuaikan dengan kebutuhan, ada yang melalui jalur darat, jalur laut, dan jalur udara.

Karena durasinya yang cukup lama, Anda harus memiliki perhitungan yang matang dalam perencanaan kegiatan logistics and fulfillment yang melibatkan pengiriman barang dengan menggunakan jasa cargo.

3. Biaya pengiriman

Yang ketiga berkaitan dengan biaya pengiriman. Ketika Anda mengirimkan barang menggunakan layanan dari jasa ekspedisi, semakin berat barang yang Anda kirim maka semakin mahal pula biayanya. Hal ini dikarenakan jasa ekspedisi menetapkan tarif per kilo.

Sedangkan pada jasa pengiriman cargo, perhitungan biaya pengiriman berdasarkan berat minimum yang ditentukan. Karena itulah berlaku, semakin berat barang yang Anda kirim, biaya pengirimannya akan semakin murah.

4. Layanan yang diberikan

Yang keempat berkaitan dengan layanan yang diberikan. Untuk memanjakan konsumennya, jasa ekspedisi menawarkan layanan jemput barang. Jadi, Anda tidak perlu pergi ke counter terdekat untuk mengirimkan barang karena akan ada kurir yang menjemputnya. Layanan ini sayangnya belum dimiliki oleh jasa pengiriman cargo. Seberat dan sebanyak apapun barang yang akan Anda kirim, Anda harus mengantarnya sendiri ke counter terdekat.

Demikian 4 perbedaan jasa pengiriman ekspedisi dan cargo. Dengan mengetahui perbedaan di antara keduanya, Anda bisa menentukan jenis jasa pengiriman terbaik saat merencanakan kegiatan logistics and fulfillment dalam bisnis Anda.