5 Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Tidak jarang ibu harus menghadapi drama di meja makan ketika anak menjadi rewel saat disuruh makan sayur. Banyak dari mereka tidak menyukai sayur karena rasanya yang tidak terlalu enak. agar ibu tidak lagi bingung menghadapi kondisi seperti ini, berikut ini tips ampuh mengatasi anak susah makan sayur.

  1. Sajikan Sayuran Sejak Kecil

Biasakan anak makan sayur sejak kecil agar anak menyukai sayur. Anda bisa memberikan sayur saat mereka sudah mulai mengonsumsi MPASI. Sajikan sayuran sebagai makan siang dan malam sampai ia beranjak dewasa. Jangan memberikan sayuran itu-itu saja agar anak tidak bosan.

  1. Variasi Sayuran agar Lebih Menarik

Anak akan  menyukai segala macam sesuatu yang memiliki warna cerah. Maka dari itu, Anda bisa memberikan variasi sayur, coba buatlah sayur sop dengan tampilan yang lebih cerah berwarna, misalnya saja memasukkan wortel yang berwarna oranye, daun bawang yang berwarna hijau dan jagung yang berwarna kuning. Tampilan warna yang menarik akan membuat anak menyukainya.

  1. Ajak Anak Makan Bersama

Anak akan meniru kebiasaan orang tuanya. Maka dari itu, apa yang dilakukan orang tua juga akan sangat mudah ditiru oleh anaknya. Nah, apa yang Anda makan juga akan anak makan. Anak akan lebih tertarik makan makanan orang tuanya daripada yang diberikan kepadanya.

Jika anak melihat orangtuanya mengonsumsi sayuran, maka kemungkinan besar anak juga akan ikut makan sayuran karena penasaran. Ajaklah anak makan bersama, buatlah olahan sayuran yang menarik agar anak lebih tertarik makan sayuran.

  1. Sajikan Sayuran yang Disukai Anak

Sebagai orang tua, Anda harus cermat  dalam memilih makanan kesukaan anak. Anak pasti memiliki sayuran favorit yang paling ia sukai. Namun, Anda juga harus tetap menawarkan berbagai macam sayuran dengan memberinya kesempatan untuk memilih sayur yang ia sukai.

Anda juga bisa menyajikan olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan. Perhatikan respon dan reaksinya terhadap sayuran yang Anda masak. Anda bisa mencari berbagai resep olahan sayuran agar anak tidak bosan.

  1. Jangan Sembunyikan Sayur pada Makanan Anak

Selain menyajikan makanan dengan bahan sayur yang lezat, ibu dapat mengkombinasikan sayur dengan bahan makanan yang disukai anak, seperti daging, bakso, dan sosis. Sehingga, kesan sayur di mata anak menjadi semakin menarik.

Sebaiknya hindari menyembunyikan sayur di dalam makanan, atau menyamarkannya hingga terlihat seperti makanan lain. Ide tersebut hanya akan memberi kesan bahwa sayur adalah makanan yang buruk.

Itulah 5 tips ampuh yang bisa ibu coba dalam mengatasi anak susah makan sayur. Anda bisa mengajak anak memilih sayuran yang ia suka dan mengolah makanan menjadi olahan yang menarik agar anak menyukainya. Jangan memaksa anak untuk memakan sayur karena akan membuat anak justru membenci sayur.