Kenali Fungsi dari Bagian-Bagian Menu pada Microsoft Power Point

Power Point merupakan program yang termasuk dalam microsoft office selain microsoft word dan microsoft excel. Aplikasi komputer ini bermanfaat untuk kebutuhan presentasi, mengajar, atau membuat animasi secara sederhana. Beragam desain powerpoint dapat Anda buat sesuai kehendak Anda. Sebenarnya apa itu Power Point, dan bagaimana fungsi menu-menunya?

Sejarah Power Point

Program yang didesain guna mempresentasikan sebuah dokumen ini merupakan program yang dikembangkan oleh Dennis Austin dan Thomas Rudkin. Keduanya merupakan pekerja dari Forethought Inc. Sebelum dikenal dengan sebutan microsoft Power Point, program yang termasuk unggulan microsoft uni bernama presenter.

Penggantian nama program disebabkan karena terjadi masalah terhadap merek dagang tersebut. Presenter berganti menjadi microsoft Power Point pada tahun 1987 atas saran Robert Gawkins. Berkat inovasi dari dua orang pengembang Power Point tersebut microsoft tertarik untuk membeli perusahaan di mana Dennis dan Thomas bernaung.

Akhirnya perusahaan forethought resmi dibeli oleh microsoft dan dijadikan sebagai salah satu unit bisnis grafisnya. Sejak saat itu, perusahaan forethought menjadi salah satu unit bisnis yang terus mengembangkan sejumlah software dan program menarik hingga saat ini. Peluncuran microsoft Power Point pertama kali adalah pada tahun 1990.

Di tahun pertama peluncuran microsoft Power Point belum secanggih dan semudah dibandingkan penggunaan saat ini. Program Power Point hanya memiliki fitur untuk mengoperasikan ke slide berikutnya saja. Kemudian seirinh berjalannya waktu program ini semakin disempurnakan dengan menghadirkan beragam fitur bermanfaat di dalamnya.

Bagian-Bagian Microsoft Power Point

Layaknya program microsoft lainnya, program Power Point juga tak terpisahkan oleh fitur-fitur guna memudahkan kinerjanya. Power Point dilengkapi dengan bagian-bagian menu yang memiliki fungsinya masing-masing. Terdapat menu pengatur layout, hingga menu yang dapat memberikan efek untuk membuat desain PowerPoint menjadi lebih menarik.

Menu utama dalam Power Point adalah tombol office. Bagian ini merupakan bagian yang terdapat pada tampilan Power Point teratas. Di dalamnya tersedia beragam tombol yang berguna untuk mengakses perintah dasar yang berhubungan dengan dokumen. Contohnya membuat, membuka, menyimpan, mencetak, dan lain sebagainya.

Menu selanjutnya adalah quick acces toolbar. Menu ini dilengkapi dengan ikon-ikon yang berguna untuk Anda mengakses perintah pengguna secara cepat. Pada umumnya menu ini memiliki tiga ikon yaitu save, undo, dan repeat. Kemudian tersedia tab menu, bagian ini terdiri dari  beragam menu yang berisi perintah-perintah untuk mengolah dokumen.

Lalu bagian selanjutnya yang terdapat pada Power Point adalah title bar dimana menu ini menunjukkan nama file dokumen yang sedang Anda olah dalam program Power Point. Bagian yang berfungsi untuk mengatur desain adalah menu ribbons. Pada menu ribbons terdapat beberapa set tools, yaitu home, insert, design, animations, slide show, review, dan view.

Dalam program ini juga terdapat menu slides pane. Menu ini dipakai untuk menampilkan thumbnail slide di dokumen. untuk mengetahui status dokumen seperti jumlah slide Anda dapat melihatnya pada menu status bar. Slide area sendiri adalah menu yang dipakai sebagai penampil slide dari dokumen.

Kemudian terdapat menu view yang berguna sebagai pengatur tampilan slide. untuk mengatur ukuran slide baik memperbesar maupun memperkecil Anda dapat menggunakan fungsi dari zoom controls. Sebagai sebuah produk, Power Point memiliki kelebihan dan kekurangan semakin tinggi versi Power Point semakin memadai fitur di dalamnya.

Demikianlah penjelasan mengenai program microsoft Power Point beserta kegunaan bagian-bagiannya. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda. Bagi Anda yang menginginkan desain PowerPoint yang profesional dan menarik segera kunjungi fastwork.id dan manfaatkan jasa desain yang tersedia di sana.