Pahami Dulu Jenis-Jenis Perguruan Tinggi Supaya Tidak Salah Pilih

Untuk kamu yang baru saja lulus dari SMA dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, apakah sudah menentukan pilihan ingin melanjutkan kemana? Tapi tunggu dulu! Perguruan tinggi bukan hanya universitas saja lho! Di Indonesia sendiri, terdapat lima jenis perguruan tinggi yang bisa kamu jadikan pilihan.

Jadi sabar, jangan terburu-buru menentukan pilihan. Pahami dulu kelima jenis perguruan tinggi ini, baru kamu boleh menentukan pilihan akan melanjutkan kemana. Yuk kita bahas satu persatu!

Universitas

Universitas adalah perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai macam keilmuan yang dikelompokkan ke dalam sejumlah fakultas. Terdapat berbagai macam rumpun ilmu mulai dari ilmu agama, ilmu sosial, ilmu terapan, ilmu humaniora, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari informasi dari universitas pilihanmu dan tentukan pilihan sesuai dengan kata hatimu.

Biasanya nih, universitas menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi. Universitas banyak dijadikan pilihan karena mereka mengincar gelar akademik sarjana, magister, doktor atau S1, S2, S3. Tak jarang pula yang ingin menjadi seorang guru besar atau profesor.

Institut

Hampir sama seperti universitas, institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan ilmu yang sejenis dalam fakultas khusus. Misalnya saja kamu memilih melanjutkan di institut kesenian. Nah, fakultas dan jurusan yang ada dalam institut tersebut pasti hanya berkaitan dengan seni, entah seni lukis, seni teater, seni tari, dan seni lainnya.

Institut juga sama seperti universitas, menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi. Singkatnya, fakultas yang berada di institut cuma berasal dari satu jenis keilmuan, beda dengan universitas yang fakultasnya berasal dari banyak jenis keilmuan.

Sekolah Tinggi (ST)

Sekolah Tinggi hampir sama seperti universitas dan institut, yang menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi. Perbedaannya adalah Sekolah Tinggi merupakan perguruan tinggi yang hanya menyediakan satu fakultas yang terbagi dalam berbagai bidang studi.

Jika kamu masih bingung, misalkan saja kamu memilih Sekolah Tinggi ekonomi, maka Sekolah Tinggi itu adalah fakultasnya, dan di dalamnya hanya mempelajari bidang studi yang berkaitan dengan ekonomi misalnya manajemen, akuntansi, dan lain sebagainya.

Politeknik

Berbeda dari universitas, institut, maupun Sekolah Tinggi ya, politeknik hanya menyelenggarakan Pendidikan Vokasi. Jika kamu lebih suka praktek daripada teori, politeknik dapat kamu jadikan pilihan utama. Jadi, lulusan dari politeknik diharapkan bisa menghasilkan insan yang siap bekerja baik di lingkungan masyarakat maupun lingkungan pekerjaan sesuai dengan bidang yang dikuasai.

Akademi

Hampir sama seperti politeknik yang hanya menyelenggarakan Pendidikan Vokasi, perbedaannya adalah akademi hanya terdapat satu atau sebagian cabang ilmu saja. Akademi juga tidak menyediakan pendidikan profesi atau D-IV, hanya menyelenggarakan Pendidikan Vokasi D-I, D-II, D-III.

Masih Belum Selesai! Ketahui Dulu Jenis-jenis Perguruan Tinggi Berdasarkan Pengelolanya

Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, perguruan tinggi yang dikelola secara langsung oleh pemerintah, baik secara langsung dibawah Dinas Pendidikan Nasional maupun departemen pemerintah lain.

Perguruan Tinggi Swasta atau PTS, perguruan tinggi yang dikelola pihak swasta. Biasanya dikelola perorangan maupun kelompok tertentu.

Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK, perguruan tinggi yang dikelola lembaga pemerintah juga, tapi selain Dinas Pendidikan Nasional. Biasanya lembaga yang memiliki hubungan dengan lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan, baik kementrian atau nonkementrian.

Bagaimana, ternyata perguruan tinggi tidak hanya universitas saja kan! Ada institut, Sekolah Tinggi, politeknik, hingga akademi yang bisa kamu pilih sesuai jurusan yang kamu sukai. Cari tahu dulu informasi mengenai calon kampusmu melalui artikel pendidikan dan universitas, jurusan apa saja yang ditawarkan, apakah sesuai dengan minatmu atau tidak. Semoga diterima di perguruan tinggi impianmu ya!