16 Subsektor Ekonomi Kreatif: Usaha Desain Produk

Di Indonesia, 16 subsektor ekonomi kreatif diharapkan mampu menjadi penopang ekonomi masa depan dan meningkatkan pendapatan negara. Subsektor ini memiliki peluang luas dengan berkembangnya permintaan pasar akan produk yang kreatif.

Pengembangan usaha kreatif di era modern sangat memerlukan ide-ide baru yang kreatif dan out of the box. Ide-ide baru ini biasanya dimiliki oleh pemuda-pemudi yang terbuka dengan informasi baru.

Peluang Usaha Desain Produk

Dari 16 subsektor ekonomi kreatif yang ada, subsektor ekonomi kreatif desain produk memiliki peluang usaha yang luas dengan penerapan desain di segala bidang, mulai dari kerajinan, transportasi, furniture, alat tulis, kemasan, olahraga, militer, alat kesehatan, peralatan dapur, dll.

Desain produk akan selalu berkembang seiring berkembangnya berbagai macam jenis barang kebutuhan masyarakat. Kamu bisa mencoba subsektor industri ini jika kamu memiliki keahlian yang dibutuhkan.

Kiat Sukses Usaha Desain Produk

Kiat-kiat sukses untuk memulai usaha desain produk adalah:

1. Kembangkan Kreativitas

Kreatif adalah modal utama untuk usaha desain produk. Kamu harus terus mengembangkan ide kreatif kamu dengan sering melihat-lihat pameran desain, membaca majalah desain, dan terus bereksperimen. Hal ini guna mendapatkan ciri khas menarik dari desain yang kamu buat.

2.  Brand Menarik

Kamu harus memiliki brand sendiri untuk usaha desain produk ini. Brand bisa mempresentasikan layanan yang kamu tawarkan. Brand dengan kualitas bagus dan menarik juga bisa membuat orang tertarik untuk mencoba jasa desain produk dari kamu.

3. Persiapkan Peralatan Memadai

Peralatan canggih untuk komputer dan program software desain sangat penting untuk menunjang pekerjaan ini. Pastikan peralatan kamu merupakan peralatan yang bagus, sehingga bisa memperlancar pekerjaan.

Selain itu, kamu juga perlu peralatan pendukung lain, seperti printer, scanner, dll. Peralatan pendukung juga harus dipersiapkan dengan baik agar bisa melayani konsumen setiap saat.

4. Koneksi Cepat

Koneksi internet yang cepat merupakan hal dasar yang harus dimiliki untuk menciptakan desain produk terbaik. Perlu ketelitian dan keahlian dalam proses desain sehingga koneksi internet yang cepat dan stabil sangat dibutuhkan.

5. Buat Website

Memiliki website adalah salah satu cara untuk memperkenalkan jasa yang kamu tawarkan. Buatlah website yang menarik dan informatif, agar bisa mempromosikan layanan kamu dengan mudah.

Website harus dioptimalkan dengan baik dengan adanya informasi update seputar desain serta contoh-contoh desain yang pernah kamu kerjakan sebelumnya. Testimoni dari pelanggan sebelumnya juga harus dicantumkan untuk menambah kepercayaan pembaca website.

6. Marketing yang Handal

Marketing yang handal bisa menjadi penentu sukses usaha desain produksi. Contoh marketing handal yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan email marketing. Gunakanlah bahasa marketing yang bagus dengan proposal jasa desain yang jelas agar menarik calon pelanggan.

Selain email marketing, maksimalkan juga penggunaan sosial media untuk mengiklankan jasa layanan kamu. Jika kamu memiliki modal lebih, kamu bisa membayar penayangan iklan di sosmed agar usaha jasa desain kamu semakin dikenal luas.

7. Utamakan Kepuasan Pelanggan

Cara terbaik memberikan kepuasan pada pelanggan adalah dengan memberikan layanan terbaik dan tepat waktu. Jika diberikan tenggat waktu, kamu sebaiknya menyelesaikannya sebelum itu. Kualitas desain jangan sampai menurun agar pelanggan betah menggunakan jasa kamu.

Bahasa yang baik dan teratur juga sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang ramah dan mengutamakan kepentingan pelanggan, mereka akan merasa terlayani dengan baik sehingga puas akan jasa kamu.

8. Gaet Relasi

Saat mendapatkan pelanggan, usahakan selalu berhubungan baik agar dapat memperluas jaringan. Kamu pun bisa mencoba membidik klien beberapa perusahaan agar kredibilitas brand desain kamu semakin meningkat.

9. Konsisten

Konsisten disini adalah dalam hal menekuni usaha desain produk. Kamu harus terus berusaha mengembangkan usaha kamu dan walaupun bermula dari skala yang kecil, jangan pantang menyerah.

Ketekunan dan konsisten dalam menjalani bisnis bisa membawa kamu kepada kesuksesan. Penghasilan kamu pun akan semakin meningkat seiring bertambahnya klien.

Dengan menekuni salah satu subsektor dari 16 subsektor ekonomi kreatif, kamu sudah menjadi bagian dari pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Pengaruh desain bisa sangat signifikan terhadap perekonomian Indonesia karena bisa membuat produk Indonesia semakin dikenal luas.