5 Penyebab Kolesterol Naik yang Perlu Diwaspadai

Kadang-kadang, seseorang tidak paham dan mengerti tentang kesehatan tubuhnya sendiri. Salah satunya adalah dalam masalah kolesterol. Penyebab kolesterol naik tentunya harus diperhatikan. Apalagi kesadaran bahwa kolesterol yang terlalu tinggi bisa berbahaya. Nah, di bawah ini akan dibahas tentang apa saja yang menjadi penyebab kolesterol tinggi. Apa saja penyebabnya, simak di bawah ini.

  1. Berat Badan Berlebihan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih cenderung memiliki kadar kolesterol tubuh yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki berat badan lebih disarankan untuk menurunkan berat badan dengan tujuan menurunkan kolesterol.

Mengapa demikian? Pasalnya, pada saat berat badan turun, maka secara otomatis kolesterol juga akan turun. Memiliki berat badan yang ideal menjadi salah satu cara terbaik untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Stres

Tahukah Anda, stres juga menjadi pemicu seseorang mengalami kolesterol tinggi lho. Bahkan, stres juga mampu meningkatkan kolesterol dalam waktu yang lama. Apalagi seseorang yang stres cenderung akan makan makanan yang berlemak untuk menghibur dirinya sendiri.

Padahal, makanan yang berlemak inilah yang menjadi pemicu utama mengapa kadar kolesterol dalam tubuh bisa meningkat.

  1. Usia

Penyebab kolesterol naik berikutnya adalah faktor usia. Semakin bertambah usia seseorang, maka kemungkinan kadar kolesterol dalam tubuhnya juga akan semakin meningkat. Seseorang yang memasuki usia 60-65 tahun juga cenderung akan mengalami peningkatan kadar kolesterol. Hanya saja, biasanya wanita cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria meskipun usianya sama.

  1. Kebiasaan Merokok

Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah juga dipengaruhi oleh kebiasaan merokok. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena dalam rokok terdapat sebuah zat yang disebut dengan zat akrolein. Ini adalah sebuah zat yang akan mempengaruhi kadar kolesterol jahat meningkat.

Adapun caranya adalah dengan menghalangi sistem kerja dari enzim yang memiliki tugas untuk menjaga kadar LDL dalam tubuh tetap normal. Akibatnya, hal ini menjadikan terjadinya penumpukan kolesterol dalam tubuh, sehingga kolesterol akan naik dan meningkat.

  1. Faktor Keturunan

Faktor keturunan atau faktor genetik juga menjadi penyebab kolesterol dalam tubuh naik. Adapun penyakit kolesterol ini disebut dengan hiperkolesterol familial. Akibat penyakit keturunan ini, seseorang juga bisa memiliki penyakit jantung dini.

Oleh sebab itu, jika Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat kolesterol. Ada baiknya jika mulai saat ini Anda perlu berhati-hati. Coba deh lakukan tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol yang ada pada tubuh Anda. Jika tinggi, maka Anda bisa segera mencari solusi da menjaga pola makan agar kolesterol tetap normal.

Dengan mengetahui penyebab kolesterol naik di atas, maka Anda bisa lebih waspada dan paham betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh dari kolesterol. Mengapa? Ini karena kolesterol menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit lain yang berbahaya.