9 Tanda Anak Sehat dan Cara Jitu Mengoptimalkannya

Tumbuh kembang anak sangat perlu diperhatikan setiap saat agar optimal dan tidak terlambat. Jadi, lihatlah kondisinya setiap hari dan usahakan untuk menstabilkan kondisi kesehatannya agar selalu aktif dan bahagia. Berbagai tanda anak sehat berikut ini sangat membantu Anda dalam mengidentifikasi kondisi tumbuh kembang anak.

  1. Tampak Selalu Ceria dan Gembira

Siapapun yang berada dalam kondisi sehat dan baik-baik saja, pasti akan terlihat bahagia. Sama halnya dengan anak kecil yang sangat jujur dalam mengekspresikan perasaan dan kondisi dirinya. Ia akan terlihat ceria dan gembira apabila dalam kondisi sehat.

Sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan ekspresi si kecil dan perilakunya. Jangan sampai Anda menganggap remeh hal ini. Usahakan anak selalu bahagia dan ceria saat melakukan berbagai hal. Berikan aktivitas dan hiburan yang menyenangkan agar memicu perasaan bahagianya.

  1. Anak Bergerak Aktif

Anak yang mampu bergerak aktif tentu menjadi tanda bahwa ia sehat. Si kecil masih bertenaga dan tertarik untuk melakukan kegiatan seperti biasa. Ia juga masih mau beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga tetap mampu bermain bersama teman-temannya. Dalam perkembangannya, ajak pula si kecil untuk mengenal alam.

  1. Tumbuh Kembang Normal

Kesehatan anak ditandai dengan berat badan dan tinggi badannya. Jika berat badan dan tinggi badannya normal seperti standard di usianya, maka dipastikan anak tersebut sehat. Hal ini menandakan bahwa tumbuh kembangnya normal.

Lebih dari itu, pastikan pula kemampuan dirinya dari segi motorik, intelektual, dan mentalnya berkembang baik sesuai usia. Perhatian dalam hal ini sangat penting untuk memastikan kondisi fisik, perkembangan otak, dan kondisi mentalnya normal. Dengan demikian, dipastikan tumbuh kembang anak normal dari segala segi.

  1. Nafsu Makan Normal

Nafsu makan yang normal juga menjadi tanda bahwa si kecil sehat dan baik-baik saja. Anda harus memenuhi asupan nutrisinya agar menunjang tumbuh kembangnya. Variasikan menu makanan si kecil agar ia tidak bosan atau bahkan sempat kehilangan nafsu makannya.

  1. Bibir dan Lidah Tampak Segar

Tanda-tanda fisik berikutnya yang menandakan anak yang sehat adalah bibir dan lidahnya tampak segar. Warna bibir dan lidah yang merah muda menandakan kondisi si kecil baik-baik saja. secara rutin, pastikan Anda memeriksa kondisi bibir dan lidahnya.

  1. Terdapat Kontak Mata Saat Diajak Berbicara

Keaktifan anak dalam berkomunikasi juga menjadi penentu kondisi kesehatannya. Apabila terdapat kontak mata saat diajak berbicara, maka dipastikan si kecil berada dalam kondisi sehat. Anak yang sehat plus aktif juga akan memberikan respon aktif sebagai feedback dari pembicaraan yang Anda lakukan.

  1. Mampu Berkonsentrasi

Tanda anak yang sehat adalah mampu berkonsentrasi dengan baik. Hal-hal yang menandai konsentrasinya tinggi adalah fokusnya terhadap suatu hal, responnya terhadap lingkungan sekitar, dan feedback-nya dalam berkomunikasi.

  1. Tidur Nyenyak

Apabila kebutuhan nutrisi anak terpenuhi, ia akan tertidur pulas. Itu tandanya buah hati Anda dalam kondisi sehat. Jadi, pastikan si kecil selalu nyenyak dalam tidurnya demi menunjang tumbuh kembang yang optimal.

  1. BAB Teratur

Kesehatan si kecil juga ditandai dengan teratur tidaknya dalam buang air besar. Jika buang air besarnya teratur, maka itu tandanya pencernaannya lancar. Anda harus mempertahankan kondisi ini demi kelancaran pencernaan si kecil yang sangat erat kaitannya dengan kesehatannya.

Melalui 8 tanda anak sehat di atas, Anda bisa lebih intensif dalam mengontrol tumbuh kembang si kecil. Penuhilah nutrisinya dan ajarkan untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari bibit penyakit. Dalam masa pertumbuhan, Anda perlu menjaga pola aktivitas dan tidurnya agar cukup beristirahat dan tidak kelelahan. Proses tumbuh kembang juga akan optimal jika istirahat cukup.