Apakah Cukup Hanya Mengenal Diri Sendiri Saja?

Apakah itu semua cukup jika kita hanya mengenal diri sendiri saja? Tentu saja pernyataan ini agak aneh. Mengenal diri sendiri begitu penting dan bahkan dapat dibilang momen ini pasti terjadi dan akan terjadi suatu saat nanti. Namun apakah pengenalan terhadap diri sendiri saja dapat membantu kita untuk lebih paham tentang kehidupan?

Apa Definisi Pasti Diri Sendiri?

Definisi tentang diri sendiri begitu luas perspektifnya. Kita dapat melihat diri kita sendiri dari orang lain, ataupun melihat diri kita sebagai orang lain. Tak hanya itu kita juga dapat menilai bagaimana diri kita melalui interaksi sosial yang kita lakukan setiap hari. Memang ini terkesan argumentatif dan juga sangat tendensius.

Terlepas dari itu semua, pengenalan terhadap diri sendiri selalu punya efek positif terhadap pribadi tersebut. Mulai dari bagaimana dia berinteraksi dengan orang lain hingga bagaimana dia mengatasi sebuah masalah sesuai dengan apa yang dia yakini. Seorang individu mempunyai hak untuk berkenalan dengan dirinya, namun tidak semua orang berhasil melakukannya.

Kita bahkan lebih suka berpura-pura menjadi orang lain yang lebih disukai oleh orang banyak. Cara ini begitu efektif untuk hidup dalam masyarakat saat ini. kemungkinan itu semua terjadi karena standar dan norma yang diterapkan pada masyarakat terkesan tidak melihat background setiap orang. Menurut masyarakat dan negara, setiap orang adalah sama saja tanpa ada yang spesial.

Bagian dari Proses Pengenalan Diri

Kita selalu bertanya-tanya, apa saja sih yang seharusnya kita kenali saat kita ingin mengenali diri kita sendiri? Tentu setiap orang punya jawaban masing-masing soal ini. Berbagai macam pendapat dan juga pikiran atas hal ini, tidak membuat Anda harus dan perlu melewati itu juga. Beberapa hal ini biasanya dapat membantu Anda untuk mengenali diri Anda.

  1. Kenali dan Perhatikan Orang di Sekitar Kita

Jika Anda ingin mengenali diri Anda, yang pertama Anda perlu lakukan adalah melihat ke samping kanan dan kiri Anda. Sebenarnya apa apa yang membuat Anda ada di sana dan bagaimana Anda berinteraksi di sana.

  1. Temukan Keahlian dan Hobi Anda

Dulu guru-guru kita selalu bilang “setiap orang pasti punya hobi.” Kini dapat dibilang bahwa kemungkinan itu adalah hal yang kurang tepat, banyak dari kita tidak mengetahui apa sebenarnya hobi kita? Apa keahlian kita? Untuk menjadi sebuah pertanyaan yang berawal dan berakhir sebagai pertanyaan.

  1. Menilai Diri dari Lingkungan

Hal yang termudah untuk mengenal siapa diri Anda adalah dengan melihat lingkungan yang Anda geluti saat ini. Seseorang akan menjadi bagian dari lingkungan tersebut dan tentu dia akan sama dengan orang-orang lain yang hidup di lingkungan tersebut juga.

  1. Terbuka dan Jangan Mau Dibelenggu

Cara yang paling cepat dan efektif adalah dengan melepaskan diri dari belenggu yang mengikat saat ini. Di sini Anda perlu melakukan perlawanan terhadap apapun yang kiranya tidak membantu Anda untuk menjadi diri Anda sendiri.

Sebenarnya mengenal diri sendiri saja itu tidaklah sulit. Hal yang lebih sulit dan lebih besar daripada itu adalah siap menerima siapa diri Anda dan menjadi diri Anda sendiri. Jika Anda sedang mengenal diri sendiri, maka beberapa poin tersebut akan dapat sedikit membantu Anda.