Cara Menyajikan Kopi dengan Coffee Maker

Sebagaimana yang telah diketahui, proses membuat kopi memiliki tata cara tertentu dan tidak bisa dilakukan secara asal. Mesin pembuat kopi kini menjadi andalan untuk membuat kopi dengan lebih mudah dan praktis. Berikut ini urutan cara menyajikan kopi dengan menggunakan coffee maker.

  1. Cuci dan Keringkan Mesin Pembuat Kopi

Hal utama yang wajib dilakukan sebelum menggunakan mesin pembuat kopi adalah memastikan mesin pembuat kopi yang ingin digunakan tersebut dalam keadaan bersih. Anda dapat  mencuci kemudian mengeringkan mesin pembuat kopi terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menyajikan kopi.

Pastikan keberadaan debu atau kotoran yang tak kasat mata telah hilang dari semua bagian mesin pembuat kopi. Kotoran yang masih ada akan sangat mengganggu dalam proses pembuatan kopi bahkan akan mempengaruhi rasa dari kopi yang hendak Anda sajikan. Anda wajib mengeringkan mesin pembuat kopi tersebut dengan baik agar siap digunakan.

  1. Pasang Penyaring Kopi

Untuk menyajikan hasil kopi yang maksimal sebaiknya gunakan penyaring kertas bermerek atau penyaring kertas alami. Pada beberapa alat kopi yang sudah dilengkapi dengan penyaringnya sendiri tak perlu memasang penyaring kopi secara manual.

Segera buang penyaring kertas ke tempat sampah atau mencuci penyaring tersebut setelah selesai digunakan agar ampas kopi yang pahit tidak tercampur dengan racikan kopi yang telah selesai dibuat.

  1. Tuangkan Kopi Kemudian Air

Tuangkan kopi dengan jenis dan jumlah sesuai selera Anda. Salah satu hal yang paling penting dalam proses pembuatan kopi adalah perbandingan air yang digunakan. Kombinasi perbandingan air, mesin kopi dan jenis kopi yang Anda gunakan akan berbeda-beda.

Secara umum, perbandingan standar yang sering dipakai adalah dua sendok makan kopi dengan 177 ml air dan jumlah kopi sebanyak satu tutup penggiling kopi. Setiap mesin kopi memiliki dimensi yang berbeda. Sebaiknya Anda memperhatikan mesin kopi secara manual untuk menentukan perbandingan yang pas dari kopi dan air.

Anda dapat menggunakan baris pengukur yang ada pada mesin pembuat kopi untuk menentukan jumlah air sesuai keinginan. Ada baiknya menuangkan air ke dalam bagian penampung yang disarankan agar jumlah air dapat disesuaikan.

  1. Nyalakan Mesin Pembuat Kopi

Proses selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah sambungkan mesin ke sumber listrik untuk menjalankannya dan tentukan waktu terbaik untuk mencampur racikan kopi. Terdapat beberapa mesin kopi yang secara otomatis mampu meracik kopi, tetapi ada juga yang memiliki pengaturan waktu tertentu. Berbagai macam jenis mesin pembuat kopi dapat Anda pilih sesuai keinginan.

  1. Sajikan Kopi

Sebelum kopi disajikan sebaiknya pastikan terlebih dahulu semua bahan telah tercampur dengan baik. Melalui pengaturan yang tersedia pada mesin Anda dapat menentukan tingkat campuran kopi yang diinginkan. Tuanglah hasil kopi buatan Anda ke dalam cangkir yang telah disediakan. Selanjutnya kopi siap untuk dinikmati.

Nah, itulah 5 urutan cara menyajikan kopi dengan coffee maker. untuk menghasilkan cita rasa kopi yang maksimal, diperlukan kesabaran dalam proses pembuatannya. Miliki mesin pembuat kopi dan Anda dapat merasakan membuat kopi dengan mesin pembuat kopi sendiri.