Investasi Tidak Hanya Bertujuan Mengejar Untung

Di jaman yang berkembang semakin pesat ini, investasi menjadi salah satu pilihan yang dianggap bisa melipat gandakan keuntungan dalam jangka panjang. Namun apakah hanya keuntungan saja yang dikejar saat berinvestasi? Sebenarnya apa tujuan berinvestasi? Jika berbicara tentang keuntungan, tidak hanya berinvestasi saja yang bisa mendatangkan banyak uang, membuka usaha juga menjadi salah satu cara untuk mendapat banyak keuntungan.

Berinvestasi adalah salah satu cara yang dipilih untuk memineralisasi segala resiko dari sisi keuangan. Tetapi sayangnya masih banyak masyarakat yang belum memahami apa sebenarnya tujuan dari berinvestasi. Mengamankan uang dan memastikan masa depan terjamin menjadi salah satu tujuan berinvestasi yang tidak dapat terelakkan.

Tujuan Berinvestasi

Mau tidak mau, berinvestasi secara nyata berhubungan dengan uang dan pasti mempengaruhi kondisi  keuangan dimasa yang akan datang. Pentingnya kondisi finansial yang baik dalam jangka pendek maupun panjang, harus memaksa anda agar bisa berinvestasi. Setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam berinvestasi, namun beberapa tujuan penting yang harus menjadi pertimbangan untuk segera berinvestasi adalah sebagai berikut:

  1. Mengamankan Kekayaan dari Inflasi

Bagaimanapun juga inflasi akan selalu terjadi di semua negara, hal tersebut menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi tetap bergerak karena uang terus beredar melalui berbagai transaksi di berbagai tempat. Dengan adanya inflasi, maka harga barang semakin mahal dan membuat uang jadi tidak ada harganya dan dari sinilah pentingnya berinvestasi.

Kekayaan bisa diselamatkan melalui berinvestasi. Bayangkan saja, rata-rata dalam satu tahun inflasi terjadi hingga 3%. Sehingga berinvestasi 3% saja sudah cukup membuat aman kekayaan yang anda miliki dari inflasi.

Tidak sulit untuk berinvestasi, karena sudah banyak cara dan jenis untuk menjaga kekayaan jangka panjang. Misalnya investasi online melalui P2P Lending. Cobalah untuk mendaftar sebagai investor karena dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar tapi mampu mengamankan kekayaan anda dari inflasi.

  1. Menyediakan Dana Pensiun

Pensiun pasti akan terjadi jika usia sudah mencapai angka tertentu, sesuai dengan kesepakatan perusahaan. Meskipun ada dana pensiun ataupun pesangon, namun tidak menjamin kehidupan yang tersisa selama tidak bekerja.

Dari sinilah pentingnya berinvestasi, anda tidak perlu bingung menghadapi masa pensiun karena sudah berinvestasi sejak awal, sehingga masa tua bisa terjamin dengan mudah. Tak sedikit orang merasa kecewa karena tidak berinvestasi sejak muda karena mampu mendapatkan jaminan layak di hari tua.

Berinvestasi mampu membuat nilai uang yang anda investasikan semakin bertumbuh apalagi dalam jangka yang panjang. Termasuk bisa menyejahterakan anda dimasa tua.

  1. Dana pernikahan

Di Indonesia, resepsi pernikahan bisa menjadi tolak ukur tingkat gengsi seseorang, meskipun tidak semua orang berpikir demikian. Seringkali banyak orang bingung untuk menghadapi pernikahan karena masalah dana. Maka dari itu, dengan berinvestasi sedari muda akan membuat anda tidak kesulitan saat akan menyelenggarakan pernikahan nantinya.

  1. Dana pendidikan

Apabila sudah memiliki anak, mengalokasikan dana untuk pendidikan wajib dilakukan. Pilihlah investasi yang baik supaya dana untuk pendidikan anak bisa tercukupi sampai mereka tamat perguruan tinggi. Dana pendidikan untuk anak memang harus dipersiapkan sejak dini melalui berinvestasi, mengingat biaya pendidikan naik 10% setiap tahunnya diimbangi dengan tingkat inflasi 3%. Maka dari itu, jika anda tidak berinvestasi dari sekarang untuk pendidikan anak, maka akan kewalahan.

Ditambah dengan pendapatan yang tidak naik, akan menyulitkan anda jika tidak memilih berinvestasi sejak muda.